Ada Bencana Alam?…Aku Tidak Perlu Takut…

Tanggap bencana bagi anak-anak sekolah saat ini, khususnya bagi siswa sekolah dasar sangat diperlukan. Kondisi alam yang sudah bergejolak, harus diantisipasi oleh kita. Tentunya cara mengantisipasi bencana, seperti gempa bumi, banjir dan lain-lainnya tidak harus selalu dengan menakut-nakuti anak-anak yang akan menambah ketakutannya terhadap bencana alam.

Kegiatan yang melatih anak untuk tanggap terhadap bencana bisa dijadikan sebagai MuLok (Muatan Lokal) di setiap sekolah, namun sekali lagi tujuannya bukan untuk ‘menakut-nakuti’ siswa/i tapi lebih kepada kesigapan dan P3K nya. Salah satu bentuknya bisa melalui kegiatan Pramuka.

Berlindung dan menghindar dari gempa boleh, tapi yang perlu diberikan kepada mereka para siswa adalah apa yang bisa mereka lakukan setelah bencana terjadi. Maaf, saya tidak setuju jika setiap ada bencana, sehari sesudahnya banyak muncul anak-anak yang  membawa kardus-kardus hanya untuk meminta sumbangan. Menurut saya mereka harus memikirkan dulu tindakan apa yg bisa mereka lakukan, kalau sudah jelas baru menghimpun dana.

Satu hal lagi, yang perlu kita ingatkan kepada anak-anak adalah masalah spiritual, bahwa gempa dan bencana alam lainnya adalah Rahasia-Nya, meski kita bisa prediksi namun tetap Waktu-Nya yang berlaku. Jadi tidak perlu kita sebagai manusia terlalu tinggi mengagungkan teknologi yang bisa mendeteksi kapan saatnya bencana itu tiba. Hal ini harus kita tanamkan juga kepada anak-anak.

Salam, Halid

468 ad


Leave a Reply

Switch to our mobile site