Guru…Ataukah Orang Tua?

Remaja, tetap menjadi topik menarik bagi saya.

Tingkat kenakalan pada masa-masa tersebut sampai saat ini masih dapat dikatakan relatif sama dengan remaja-remaja umumnya pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, apakah yang membedakan remaja saat ini dengan remaja 20 tahun sebelumnya?

MORAL…jawabannya. Ayahbunda bisa melihat dan bahkan hanya mengurut dada ketika sepasang remaja dengan bebasnya di studio 21 berciuman menunggu film dimulai, pria wanita merokok bebas di tempat gaul dengan mengenakan celana yang sangat pendek sekali, berani melawan orang yang lebih tua…dan itulah yang menjadikan remaja saat ini menjadi beda.

Lantas, siapakah yang berperan dibalik mereka? Guru kah? ataukah…orang tua?. Tidak bisa disalahkan, jika sistem pendidikan di Indonesia saat ini yang sedang asik mengejar predikat dan peringkat, membuat sekolah sekolah terlena, porsi pendidikan moral dan akhlak mulai dikurangi bobotnya, bahkan ditiadakan. Padahal secara tidak langsung moral dan akhlak saling berhubungan dengan prestasi sekolah anak. Kemanakah peran guru yang dulu sering menjadi sahabat murid, tegas dalam memberikan hukuman dan konsisten dalam ucapan.

Setelah guru, lantas kemanakah orang tua? ayahbunda yang berpredikat “sibuk” dan tidak ada waktu luang dirumah bersama anak, mulai menurunkan kadar kualitas kedekatannya dengan anak. Asal si anak tidak macam-macam, maka seluruh fasilitas terpenuhi. Ingat, tidak hanya itu yang mereka butuhkan….kasih sayang, sentuhan, reward and punishment masih sangat dibutuhkan oleh mereka, terlebih lagi saat usia mereka beranjak remaja. Kedekatan yang tidak tercipta antara remaja dengan ayahbunda, membuat lunturnya kepercayaan, bertemu dengan teman sebaya. Sehingga pada akhirnya, nilai-nilai awal yang telah dibentuk dari rumah dilepaskan.

Karenanya, jika rumah dan sekolah telah mengabaikan hal-hal tersebut…tidak perlu heran jika suatu saat anda melihat kondisi-kondisi awal yang telah saya sebutkan diatas.

Jadi? guru…ataukah orang tua? jawabannya ada pada anda…

Salam, halid

468 ad


Leave a Reply

Switch to our mobile site