Single Parent…Bukan Pilihanku… :(

Ayahbundaers,

Kali ini kategori artikel saya lebih menyoroti masalah anda, sebagai orang tua. Kebetulan saya mendapat curhatan seorang ibu yang menjadi single parent. Lebih saya persempit lagi menjadi single parent karena pasangan meninggal.

Menjadi single parent, tentunya bukanlah pilihan anda, ketika rumah tangga lengkap yang anda sedang nikmati, Tuhan berkehendak lain…pasangan anda harus menghadap-Nya terlebih dahulu. Semua orang saya yakin akan mengalami kesedihan yang mendalam, terlebih lagi jika harus memikirkan membesarkan buah hati anda tercinta.

Keputusan yang perlu ayah bunda jalankan pada awalnya adalah meminta bantuan orang-orang terdekat untuk tetap memberikan support pada anda setiap waktu, bisa kepada orang tua, adik/adik ipar, kakak/kakak ipar.

Seiiring dengan pertambahan usia anak-anak beranjak menjadi remaja, pastilah banyak perubahan yang terjadi pada diri anak, anda tidak perlu merasa sedih setiap ada tindakan buah hati anda yang kurang berkenan. Salah satu contoh jika anak memaksakan diri ingin memiliki sesuatu. Disaat inilah orang-orang terdekat bisa juga memberikan support pada buah hati anda. Jika anak “marah” atau tidak terima karena keinginannya tidak terpenuhi, berikan penjelasan bahwa segala sesuatunya saat ini tidak hanya menjadi keputusan anda sebagai orang tua tunggal, namun ada orang lain di keseharian mereka yang perlu dimintakan pendapatnya juga.

Jika memang anak tetap menginginkan sesuatu, tunda untuk memberikan langsung kepadanya. Anda dapat memberikannya jika syarat-syarat yang anda berikan telah terpenuhi. Misalnya, ” kalau dalam 1 bulan ini kakak dapat memberikan contoh yang baik kepada adik, bunda janji akan penuhi keinginanmu…”. Kata-kata seperti ini sedikit banyak membantu ayah/bunda dalam memberikan pengasuhan kepada anak yang lain. kakak dilibatkan untuk membantu anda dalam menjaga adiknya.

Diskusikan setiap perkembangan buah hati anda baik suka maupun duka kepada orang-orang terdekat, karena dengan demikian mereka pun (orang-orang terdekat) akan merasakan bahwa anda masih mempercayainya.

Kelak, anda akan berkumpul kembali bersama keluarga di Syurga-Nya…Amiinn.

Salam,halid

*dedicated for super mom, trust me, God’s love you*

468 ad


Leave a Reply

Switch to our mobile site