Liburan Tidak Harus Jalan Jalan

“libur tlah tiba…libur tlah tiba, hatiii kuu gembiraaa…” penggalan lagu Tasya tersebut keluar dari mulut seorang anak yang menyanyikan lagu ini dengan lepas, serasa tanpa beban.

Kemana buah hati anda saat liburan ini? pasti mereka yang ke luar kota sangat senang, karena mereka bisa mengaktualisasikan dirinya di sepanjang perjalanan. Bernyanyi, berteriak bahkan berlari-lari. Bagi mereka yang terpaksa harus berada di rumah saja saat liburan kali ini, ayah bunda tidak perlu berkecil hati. Banyak hal yang dapat dilakukan anda untuk membuat liburan anak berkesan.

Ayah bunda bisa membuat tema liburan kali ini bersama anak-anak. Intinya, selain menyenangkan anak, ayah bunda dapat semakin meningkatkan kualitas waktu untuk buah hati tercinta. Beberapa tips yang dapat ayah bunda lakukan adalah :

a. Buat suatu kegiatan dengan tema setiap harinya. Misalnya, Senin-Berkebun Asyik, Selasa-Belanja di Pasar, Rabu-Mengenal Jakarta, Kamis-Mencintai Sesama…dst. Setiap tema tentunya harus ayah bunda dampingi dengan cara yang tidak kaku sambil memasukkan pesan-pesan moral dalam kegiatan.

b. Menyortir barang-barang di kamar, selama masa sekolah mungkin saja ada barang-barang atau kertas-kertas yang disimpan oleh anak-anak di lemari belajarnya. Ajari anak untuk memilah milah kertas yang masih penting dan tidak penting. Libatkan anak dengan nada suara tidak memerintah, namun mengajak.

c. Kunjungan kerumah saudara/nenek-kakek/om dan tante. Kegiatan ini sangat jarang sekali dilakukan oleh anak-anak di Jakarta. Mall dan pusat perbelanjaan merupakan sasaran utama anak-anak masa kini. Oleh karena itu, berkunjung adalah pilihan berlibur yang menarik, akan lebih menarik jika disepakati adakah sesuatu yang akan dibawa oleh anak-anak sebagai oleh-oleh. Apalagi jika oleh-oleh tersebut buatannya.

d. Pilihan terakhir adalah bermalas-malasan di kamar bersama anak-anak sambil menonton film pilihannya. Bermalas-malasan tidak selalu berkonotasi negatif, didalamnya terdapat pula nilai-nilai positif seperti sentuhan ayah bunda, kata-kata bijak yang dapat selalu dikenang oleh anak-anak.

Sekarang, semuanya tergantung ayah bunda…ingin membuat liburan anak-anak berkesan? silahkan dipilih…

Salam,halid

468 ad


Leave a Reply

Switch to our mobile site