Saat Kau Beranjak Remaja Nak…

“Bunda apa sihhh, masa’ aku main sama temen cowok aja dilarang?”, “Nak, kamu hati-hati ah, udah puber…jangan deket-deket sama cowok…”

Senang sekaligus bercampur tegang. Senang karena anak-anak kita telah melewati satu tahapan, dan tegang karena apalagi yng akan terjadi di masa remaja ini.

Memasuki masa usia remaja bagi seorang anak adalah masa yang dikenal dengan sebutan Storm and Stress. Masa ini pula yang membuat konflik dalam diri anak-anak kita, disatu sisi mereka masih membutuhkan perlindungan dan perhatian dari kita sebagai orang tuanya. Di sisi lain, mereka malu terhadap teman-temannya, jika mereka masih berdekatan dengan orang tua.

Lantas, bagaimana sebaiknya anda sebagai orang tua bertindak?

* Perbanyak menggali informasi mengenai karakteristik remaja. Dengan mengetahui sedikit banyak karakter remaja, ayah bunda sebagai orang tua tidak perlu terlalu khawatir lagi melihat tingkah lakunya.

* Wajar, jika anak-anak kita sudah mulai tertarik dengan lawan jenis. Ajak mereka agar mau berbicara terbuka tentang siapa lawan jenis yang disukainya. Namun, anda pun tidak boleh memaksa untuk segera mengetahui siapa yang saat ini ditaksir.

* Jika ada tingkah laku anak yang salah, berikan teguran. Teguran sebaiknya tidak didekat teman-temannya ketika sedang berkumpul.

* Tidak ada salahnya jika ayah dan bunda menawarkan diri untuk mengenal teman-teman dekat anak. Jelaskan kepadanya bahwa anda harus mengenal mereka jika suatu saat ada kesulitan agar mudah dihubungi.

* Biasakan untuk selalu dapat berkumpul bersama di malam hari, untuk mengetahui apa saja kegiatan yang telah dilakukan anak seharian penuh bersama teman-temannya.

* Tidak terlalu membebaskan semua keinginan anak. Perlahan mulai ajari anak dengan usaha untuk mendapatkan sesuatu.

nah ayah bunda, intinya jadilah teman bagi si remaja…karena ia masih membutuhkan kita.

Salam,halid

*dedicated untuk temanku yang anaknya beranjak remaja*

468 ad


24 Responses to “Saat Kau Beranjak Remaja Nak…”

  1. wah mantep nih artikelnya, mesti bookmark dulu kayaknya

Leave a Reply

Switch to our mobile site